RSS

Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7

17 Agu

Jika suatu waktu kita harus menginstall ulang System Operasi Windows 7 di komputer kita, atau harus memperbaiki/merestore menggunakan “System Recovery”, maka kita memerlukan CD installer. Namun bagaimana jika pada PC, Notebook, Netbook kita tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROM Internal? Kita bisa aja menggunakan CD/DVD ROM External, tapi kan ribet tuh, karena bentuknya yang lumayan besar. Salah satu solusi adalah membuat Flash disk yang bisa digunakan untuk Booting atau Flash disk bootable.

Oleh karena itu, dalam artikel saya kali ini ingin membantu anda untuk bisa membuat flash disk yang bisa digunakan untuk booting atau flash disk bootable. Flash disk ini nantinya bisa digunakan untuk Install Ulang Windows 7 kita atau untuk memperbaiki kerusakan system operasi dengan system recovery. Okey deh langsung aja…

Pertama masukkan flash disk dengan minimal space 4GB yang masih kosong karena akan dijadikan bootable flash disk. Kenapa harus 4BG? Karena OS Windows 7 berisi lebih dari 3GB, Namun jika flash disk bootable tersebut hanya untuk system recovery, space 1GB sudah cukup.

Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] dan ketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan [Enter]. Alternatif lain adalah melalui: Start >> All programs >> Accessories >> klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator].

Ketika Command Prompt terbuka, masukkan perintah berikut: DISKPART lalu klik [Enter], LIST DISK lalu klik [Enter]. Setelah Anda masukkan perintah LIST DISK, ia akan menampilkan nomor disk USB drive Anda.

Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter: SELECT DISK 1 lalu klik [Enter], (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk Anda seperti pada gambar diatas)

Ketik CLEAN lalu klik [Enter], CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter], SELECT PARTITION 1 lalu klik [Enter], ACTIVE lalu klik [Enter], FORMAT FS=NTFS lalu klik [Enter], (mohon sabar karena proses format akan memakan waktu beberapa puluh menit baru Anda ketik perintah selanjutnya) ASSIGN lalu klik [Enter], EXIT lalu klik [Enter], (Jangan tutup command prompt sebelum seluruh proses selesai).

Untuk System Recovery: Pada tahap ini copykan semua file dari CD ke Flash disk yang baru saja kita buat (biasanya terdiri dari folder boot, folder sources dan file bootmgr), dan Flash disk pun sudah bisa digunakan untuk perbaikan kerusakan pada system operasi windows 7

Untuk OS Windows 7: Masukkan DVD Windows 7 Anda dalam DVD drive dan catat huruf drive dari drive optik dan media flash disk. Misalnya “D” sebagai huruf kode drive DVD dan huruf “F” sebagai huruf drive flash disk.

Kembali ke command prompt dan jalankan perintah berikut; D:CD BOOT lalu tekan [Enter], dimana “D” adalah huruf kode DVD drive.

CD BOOT dan tekan [Enter] lalu perhatikan akan muncul suatu jendela pesan yang kira-kira  seperti berikut; BOOTSECT.EXE/NT60 F: (dimana “F” adalah huruf kode flash disk drive). Selanjutnya salin / copykan isi DVD Windows ke USB.

Dengan selesainya langkah copy diatas maka proses pembuatan flash disk bootable selesai. Anda sekarang dapat menggunakan flash disk ini sebagai bootable USB pada setiap komputer yang dilengkapi dengan fitur boot from USB (sebagian besar motherboard saat ini mendukung fitur ini).

Catatan: Cara ini hanya bisa digunakan untuk Windows 7 dan vista, dan tidak akan bekerja pada komputer dengan OS Windows XP. Untuk OS Windows XP caranya lain lagi. Karenanya baca dengan teliti yah…!!!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 17, 2012 in Tips and Trik

 

Tag: , ,

Silakan tinggalkan pesan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: