RSS

Panduan Membuat Blog di WordPress

09 Jul

Semakin pesatnya tekhnologi Internet dewasa ini, semakin memudahkan pada banyak orang untuk mengakses website-website atau blog-blog favorit mereka, bahkan memudahkan pula bagi para pemula untuk membuat website atau blog mereka sendiri sesuai dengan tujuan masing masing.

Bahkan sudah bukan rahasia lagi bahwa website atau blog yang mereka buat bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan secara online yang mampu menghasilkan uang yang nilainya “Ruaaaarrrrrr biasa…

Oleh karena itu, saya coba tulis panduan ini secara step by step untuk membantu bagi para pemula seperti saya untuk membuat blog sendiri baik untuk tujuan komersil ataupun untuk sekedar mengeksresikan hobby anda. Dan satu hal yang harus anda perhatikan, anda harus berani mencoba alias berani trial and error sampai anda benar benar memiliki blog sendiri.

Ada banyak situs yang menyediakan layanan blog baik yang “gratisan ataupun yang berbayar”, diantaranya wordpress, blogspot, blogsome, multiply dll. Layanan tersebut memiliki karakter, kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda. Pada tulisan ini saya akan membahas membuat blog di wordpress, tentu diawali yang ”gratisan” seperti blog saya yang anda buka dan baca saat ini,  Hehehe…

Mengapa harus wordpress?.

WordPress merupakan salah satu penyedia layanan blog terbesar pesaing blogspot. Dibanding dengan layanan blog yang lain, wordpress memiliki beberapa kelebihan, yaitu

  1. Layanan blog wordress gratis karena berbasis open source.
  2. Adanya dukungan theme dan template yang melimpah sehingga mudah diubah ubah sesuai dengan keinginan.
  3. Memiliki struktur halaman yang terstruktur rapi sehingga mudah di indeks oleh mesin pencari (search engine).
  4. Memiliki dukungan komunitas yang kuat yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk menggunakan layanan wordpress, anda harus terlebih dahulu mendaftar di wordpress. Account ini nantinya anda pergunakan setiap kali anda login ke wordpress.com.

Berikut langkah-langkah mendaftar di wordpress:

  1. Silakan anda buka http://id.wordpress.com pada web browser anda. Alamat ini secara otomatis akan menampilkan dengan menggunakan bahasa Indonesia.
  2. Untuk mendaftarkan diri anda, silakan menekan link “Daftarkan Diri” yang terdapat di bagian atas halaman. Setelah menekan link tersebut anda diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan.
  3. Masukkan alamat blog sesuai dengan keinginan anda, nantinya alamat blog yang telah anda buat ini akan menjadi alamat wordpress anda.
  4. Masukkan user name yang anda inginkan, nantinya user name ini digunakan untuk login ke wordpress anda.
  5. Masukkan password sesuai yang anda inginkan, fungsinya sama dengan user name. Gunakan kombinsai huruf besar, huruf kecil dan symbol-simbol tertentu agar password anda tidak mudah diketahui oleh orang lain.
  6. Silakan masukkan lagi password yang anda buat tadi.
  7. Masukkan alamat email anda, email ini akan digunakan untuk aktivasi pendaftaran account maupun ketika anda ingin untuk merubah password.
  8. Pilihan bahasa bisa anda gunakan, misalkan gunakan id untuk bahasa Indonesia.
  9. Setelah mengisi semua data tersebut di atas, silakan menekan tombol “Create Blog” pada bagian Free Blog sehingga anda tidak perlu membayar untuk menggunakan layanan wordpress ini.

Setelah selesai membuat account, langkah berikutnya melakukan aktvasi account wordpress anda. Untuk melakukan aktivasi silakan membuka email anda, dan anda akan menerima email dari wordpress dengan judul “Activate NamaBlogAnda.wordpress.com”. Silakan dibuka kemudian tekan link “Activate Blog” untuk mengaktifkan wordpress anda. 

Siiiippppp…!!!

Sementara sampai disini acoount blog ada dengan judul “NamaBlogAnda.wordpress.com” telah aktif dan siap digunakan. Tapi masih ada yang kurang yaitu isi belum ada, selanjutnya sedikit akan saya terangkan cara membuat blognya, silaaaakannn dilanjut….

Langkah pertama untuk membuat blog anda masuk pada halaman depan wordpress.com. Halaman depan (dasbor) wordpress merupakan pusat pengaturan blog yang terdiri dari beberapa menu seperti: Tulisan, Media, Tautan, Halaman, Komentar, Feedback, pooling, Rating, Tampilan, Perkakas, Pengguna dan pengaturan lainnya.

Lihat langsung aja deh digambar bawah ini……!!! 

Mempelajari menu yang terdapat pada halaman depan (dasbor) wordpress merupakan langkah awal yg perlu dipahami untuk memudahkan anda dalam membuat blog.

Berikut beberapa fungsi menu yang perlu dipahami pada halaman depan (dasbor) wordpress.

  1. Beranda: Menampilkan halaman depan blog wordpress anda.
  2. Komentar yang saya buat: Menampilkan komentar-komentar yang telah anda tulis di blog, anda juga dapat membalas komentar orang lain.
  3. Site Stats: Menampilkan statistic jumlah pengunjung blog, halaman yang banyak dbaca, kata kunci yang sering dicari dan lain lain.
  4. Blog Saya: Menampilkan daftar log yang anda buat di wordpress.com. Melalui menu ini memungkinkan anda untuk membuat beberapa blog dengan account yang sama.
  5. He he he… pelajari sendiri deh di menu, jangan takut terjadi kesalahan, teruslah mencoba.

Tahap selanjutnya adalah cara memposting artikel di blog anda. Memposting artikel adalah inti dari belajar membuat blog di wordpress, tidak sekedar seperti menulis artikel diatas secari kertas, melainkan memerlukan beberapa pengaturan yang perlu diperhatikan seperti pengaturan katagori, tag, read more, tautan dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berkut langkah-langkah dalam memposting artikel di wordpress

  1. Silakan login di account wordpress anda dengan mengetikkan alamat http://wordpress.com/wp-login.php pada web browser.
  2. Masukkan Username dan Password account wordpress anda. Kemudian tekan tombol  “log In” 
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan halaman depan (dasbor) wordpress.
  4. Pada halaman depan wordpress anda silakan anda menekan menu “Tulisan” kemudian Sub Menu “Tambah Baru”.
  5. Tulislah Judul artikel anda pada kolom “masukkan judal disini”
  6. Kemudian dibawah judul artikel, silakan menulis konten artikel anda. Jangan kuatir, jika anda terbiasa menulis menggunakan program Mircosof Word, saya yakin anda tidak mengalami banyak kesulitan. 
  7. Setelah anda menulis artikel, sebaiknya anda simpan terlebih dulu dalam konsep untuk mencegah hilangkan data jika terjadi gangguan koneksi internet anda.
  8. Pada kotak kategori, silakan anda beri tanda centang sesuai dengan kategori artikel yang anda tulis. Jika ingin menambahkan katagori baru, anda bisa menambahkan dengan cara menekan tombol “Tambah Katagori Baru”
  9. Sebelum anda mempublikasikan artikel yang anda buat, sebaiknya anda lihat dengan klik “Pratampil” untuk mereview artikel yang anda buat, dengan begitu anda bisa mengevaluasi tampilan artikel yang anda tulis.

Jika semua sudah anda lakukan dan anda merasa sesuai, silakan anda klik “Terbitkan” untuk mempublikasikan artikel anda di wordpress.

Dan akhirnya, Selamat…!!!
Sekarang anda sudah mempunyai blog di wordpress dengan alamat yang sudah anda tentukan sendiri, dan blog anda pun bisa diakses oleh orang diseluruh dunia.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 9, 2012 in Tips Membuat Blog / Website

 

Tag: ,

2 responses to “Panduan Membuat Blog di WordPress

  1. Samsuar Kr

    Mei 4, 2014 at 11:54 am

    mantab bro” ilmunya trimakasi jangan bosan-bosan bagi-bagi ilmu lagi ya .pokoe mantaabb.

     
  2. agnesnc

    Agustus 9, 2014 at 11:41 pm

    trimakasih ilmunya. tp sy mau tanya setelah punya blog di wordpress, apa sy sdh punya hosting, nama domain kan sdh ada tp masih pake embel2 wordpress..jika mau digunakan buat bisnis online bisa ga ya, tp ga ada themes nya..
    would u help me?

     

Silakan tinggalkan pesan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: